Resensi Buku : Era Baru Transformasi Diri

Drs. I Ketut Suweca, M.Si

Judul Buku   : Quantum Ikhlas: Teknologi Aktivasi Kekuatan Hati
Pengarang    :  Erbe Sentanu
Penerbit        :  PT Alex Media Komputindo
Edisi             :  Ketujuhbelas, 2008
Halaman       :  236  halaman.

Ini satu lagi buku yang memberdayakan kekuatan hati dan pikiran untuk meraih kemajuan.  Kalau ditelusuri jumlah buku  yang mengambil aspek pikiran sebagai bahan pokok bahasan,  jumlahnya   sudah cukup banyak. Sebagian diantaranya merupakan karya penulis luar negeri. Akan tetapi, tidak banyak buku yang membicarakan soal  hati sekaligus pikiran sebagai jalan  mencapai kehidupan yang sepenuh-penuhnya. Di tengah-tengah kelangkaan tersebut, lantas hadir Erbe Sentanu dengan bukunya yang terbilang menarik ini. Karena unsur-unsur kebaruan dan dikemas dengan sedemikian apik, tak pelak buku ini langsung meledak di pasaran, menjadi salah-satu buku terlaris. Terbit pertama kali pada Mei 2007. Hingga Desember 2008 sudah mengalami cetak ulang ketujuhbelas kalinya.
Buku ini terdiri dari 9 Bab, pembicaraan dimulai dari seputar memasuki dunia quantum dan  memaknai arti quantum ikhlas dan berlanjut dengan tinjauan  yang lebih dalam tentang manusia (seharusnya) sebagai ciptaan yang sempurna karena lahir sempurna, manusia adalah super komputer hebat. Selanjutnya dibicarakan juga hukum tarik-menarik (The Law of Attraction) sebagai hukum kehidupan yang berlaku dengan pasti bagi setiap orang.  Disini dijelaskan bagaimana orang mendapatkan sesuatu yang selalu  dipikirkannya, meskipun dia tak menginginkannya. Ditulis pula bagaimana setiap orang dapat meng-apgrade otaknya dengan teknologi digital. Dipaparkan bahwa dengan teknologi, gelombang otak manusia dapat dituntun ke dalam kondisi meditatif sehingga dalam keadaan seperti itu terjadi perubahan pada pikiran bawah sadar sehingga perubahan mindset dapat dilakukan tanpa hambatan.
Pembahasan dilanjutkan dengan memaparkan seputar kekuatan pengaruh  perasaan. Merupakan persyaratan utama bahwa pikiran dan perasaan harus terhubung dengan baik. Ketika orang berada pada pikiran tertentu, maka perasaannyapun mesti enak atau berkesesuaian. Tidak boleh terjadi ketidakselarasan diantara keduanya. Di bagian ini dijelaskan bagaimana menyelaraskan  pikiran dan hati. Buku ini dilengkapi dengan CD Alphamatic Brainwave yang dapat membantu setiap orang untuk melakukan perubahan minset.  Dimulai dengan menciptakan kondisi meditatif melalui pergeseran gelombang otak ke tingkat alpha atau theta sebagai prasyarat bagi terjadinya perubahan pikiran bawah sadar yang menjadi langkah awal bagi seseorang dalam menanamkan pikiran yang selaras dalam  upaya mencapai kehidupan yang  sukses dan bahagia.

Pembahasan lalu berlanjut dengan mengungkap rahasia doa yang sangat efektif, serta ajakan untuk lebih banyak mensyukuri apapun karunia yang diberikan Tuhan dengan keikhlasan yang penuh. Dianjurkan untuk  banyak berlatih di zona ikhlas, dimana semua pikiran, perasaan , ucapan dan tindakan harus dilakukan dengan jujur dan rela. Kalau Tuhan bersama kita, adakah sesuatu yang mustahil untuk diwujudkan?

Banyak pujian yang dilayangkan kepada penulis buku ini, sebagai bentuk apresiasi  pembaca setelah menyimak isinya. Sarwono Kusumaatmaja berkomentar: “Banyak buku bergenre selfhelp yang telah ada, dan kebanyakan diantaranya berfokus pada metode positif thinking. Mengubah cara berpikir dengan memasuki kondisi kognitif itu baik, namun dalam taraf tertentu upaya itu  seolah mengabaikan sisi lain dari dimensi manusia, yaitu dimensi efektif, dimensi “hati.” Dalam buku Quantum Ikhlas ini, Erbe Sentanu mempertemukan kedua dimensi tersebut dengan lebih berani untuk menyentuh dimensi hati dalam arti yang lebih luas. Buku ini membantu kita masuk lebih dalam untuk mengenal dan kemudian menggali potensi-potensi yang ada di dalam diri kita sendiri.”
Ada  lagi komentar Rano Karno, sang seniman, yang mengatakan bahwa buku ini adalah buku motivasi yang lain daripada biasanya. Penuh pesan dan petunjuk praktis untuk menjadi orang yang sukses dengan mengandalkan kekuatan Allah. Sangat membantu kita mengenali diri dan menemukan kekuatan yang sudah dititipkan Allah di dalam diri kita. Seperti pesan saya terhadap semua orang selama ini, kita tidak perlu takut menghadapi hidup karena dengan bantuan-Nya, insya Allah,  semua orang bisa sukses dan selamat”.
Banyak orang telah membaca buku ini. Isinya tentang memanfaatkan pikiran dan perasaan yang dipadukan dengan teknologi digital,  mengantarkan banyak orang pada pengertian yang lebih gamblang bagaimana proses perubahan minset itu berlangsung. Jika dipraktekkan dengan susngguh-sungguh dalam kehidupan sehar-hari, niscaya akan mengantarkan siapapun menuju kesuksesan dan kekebahagiaan hidup. Jika Anda tertarik,  bacalah buku ini

2 Response to "Resensi Buku : Era Baru Transformasi Diri"

  1. dwipradnyana 13 Mei 2010 pukul 03.05
    Saya menyukai tulisan tentang resensi buku. Ini memberikan gambaran mengenai sebuah buku, untuk menentukan apakah buku itu akan saya baca atau beli atau tidak. Terimakasih atas resensinya. Teruslah menulis artikel resensi buku.
    Semoga bermanfaat bagi pembaca yang lain.

    dwipradnyana (hehey@ymail.com)
  2. Anonim 13 Mei 2010 pukul 03.06
    Saya menyukai tulisan tentang resensi buku. Ini memberikan gambaran mengenai sebuah buku, untuk menentukan apakah buku itu akan saya baca atau beli atau tidak. Terimakasih atas resensinya. Teruslah menulis artikel resensi buku.
    Semoga bermanfaat bagi pembaca yang lain.

    dwipradnyana (hehey@ymail.com)

Posting Komentar