Tips Memilih Seminar

Oleh I Ketut Suweca

Tawaran seminar belakangan ini cukup marak. Media massa, terutama media cetak, seringkali mempublikasikan tentang adanya penyelenggaran seminar. Berbagai ragam topiknya, seperti manajemen, keuangan, kunci sukses, dan spiritual. Foto para pembicaranya pun diperlihatkan dalam publikasi/iklan itu sebagai salah satu daya tarik. Ongkos yang harus dikeluarkan pun bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.
Lantas, bagaimana memilih seminar yang akan diikuti? Berikut beberapa tips sederhana yang bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum memutuskan mengikuti atau tidak mengikuti suatu seminar.
Pertama, perhatikan waktu Anda. Punyakah Anda waktu luang untuk mengikuti seminar tersebut? Mungkin Anda harus mengatur kembali waktu kerja Anda sehingga tidak berbenturan dengan acara seminar yang akan Anda ikuti. Yang penting, jangan pernah mengorbankan pekerjaan atau tugas yang menjadi prioritas.
Kedua, ketahui siapa pembicaranya. Dengan bekal informasi yang mungkin sudah Anda miliki sebelumnya, dengan segera Anda dapat memastikan apakah sang pembicara dalam seminar itu benar-benar kompeten atau tidak di bidangnya. Kalau Anda sama sekali tidak punya informasi tentangnya, cobalah bertanya kepada orang lain yang kira-kira mengetahuinya atau gali informasi dari internet. Acapkali seorang pembicara yang punya nama adalah juga seorang penulis buku. Dengan mengetahui bukunya, berarti Anda sudah memiliki referensi positif tentangnya.
Ketiga, perhitungkan cost bakal Anda keluarkan. Pada umumnya pembicara yang memiliki kompetensi tinggi dan terkenal, cenderung memasang tarif tinggi. Untuk menentukan pilihan, hitung dulu kemampuan kantong Anda. Jangan pernah memaksakan diri.
Keempat, relevansinya dengan pekerjaan dan minat Anda. Apakah seminar tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda? Pertimbangkan relevansi topik atau isi yang dibicarakan dalam seminar dengan pekerjaan, minat, atau hobi Anda. Kalau relevan, pertimbangkan untuk mengikutinya. Jika tidak, say good bye saja.
Nah, pembaca yang budiman, bagaimana pendapat Anda?
economist-suweca.blogspot.com

0 Response to "Tips Memilih Seminar"

Posting Komentar