Saat Rasa Bosan Menyergap

Oleh I Ketut Suweca

Rasa bosan itu sangat manusiawi. Tak hanya dalam kaitannya kegiatan tertentu, dalam semua kegiaatan-kegiatan lainnya pun acapkali kita disergap rasa bosan. Jadi, jangan terlalu dikhawatirkan kalau rasa bosan itu mendera Anda pada suatu ketika. Karena pekerjaan yang tengah Anda tangani itu mungkin merupakan pekerjaan yang juga melelahkan dan membutuhkan konsentrasi yang intens, sekali waktu rasa bosan bisa saja menyerang Anda.
Yang terpenting adalah bagaimana mengatasi rasa bosan itu? Berikut beberapa tips yang barangkali berguna bagi Anda mengusir rasa bosan tersebut.
Pertama, hentikan pekerjaan Anda untuk sementara waktu. Beristirahatlah. Mungkin Anda memilih merebahkan diri sejenak di sofa atau di tempat tidur atau ngobrol dengan anggota keluarga/teman. Dengan beristirahat yang cukup, biasanya semangat Anda dapat pulih dan siap bekerja kembali.
Kedua, Anda dapat menyegarkan diri dengan ‘mencuci mata’ melihat pemandangan di sekitar. Mungkin ke kebun, ke pantai, atau cukup di pekarangan rumah. Boleh juga kalau Anda mengambil gunting pemotong dahan untuk melakukan pekerjaan tangan dengan menggunting beberapa dahan pohon yang sudah tua dan menyapu halaman hingga bersih. Membenahi halaman bagi banyak orang memberikan penghiburan.
Ketiga, menyanyilah. Kalau di rumah Anda memiliki CD lagu-lagu yang Anda sukai, mengapa tidak memutar dan menyanyi karaoke? Ayo, bergembiralah. Menyanyi dapat membuang stress dan memperbaharui semangat. Asalkan Anda melakukannya sesantai mungkin.
Keempat, ke pasar. Ada banyak orang yang pergi ke pasar. Di pasar kita dapat melihat kerumunan orang dengan berbagai keperluan. Ini bisa jadi sebuah pemandangan yang menakjubkan. Kalau di salah satu sudutnya ada orang berjualan jajan siap santap, mengapa Anda tidak duduk santai di situ untuk ngopi? Anda dapat berbincang-bincang dengan orang lain di situ. Bertuturlah tentang apa saja dan santai sajalah. Nikmatilah. Kita memang mesti pintar-pintar menikmati kehidupan di sela-sela kesibukan yang padat.
Kelima, berolah raga ringan. Kenakan pakaian olah raga Anda. Pergilah ke lapangan terdekat. Ambil jogging atau jalan santai. Say hello-lah dengan handai taulan yang kebetulan Anda jumpai di lapangan olah raga. Sambil membuang rasa bosan, Anda pun mendapatkan kesehatan. Bagus, bukan?
Ada banyak sekali pilihan yang dapat Anda pergunakan untuk membuang rasa bosan. Pilihan ini sangat bergantung pada selera Anda. Manakah cara yang menurut Anda paling memberikan rasa santai dan lepas? Pilihlah itu sebelum mulai lagi aktivitas Anda. ***

0 Response to "Saat Rasa Bosan Menyergap"

Posting Komentar