Tips Sukses Merebut Kursi PNS

I Ketut Suweca

Setiap kali ada penerimaan PNS baru di berbagai kantor pemerintah, orang berduyun-duyun melamar. Mereka berharap dapat diterima menjadi PNS kendati mereka tahu persis peluang untuk berhasil relatif kecil. Kecilnya tingkat keberhasilan itu disebabkan oleh jumlah pelamar yang membludak sementara kuota kursi yang diperebutkan sangat kecil/terbatas. Akhirnya, para peminat pun harus bersaing ketat untuk mendapatkan kursi.
Mengapa kursi PNS itu demikian menarik? Sebagian mengatakan bahwa menjadi PNS itu bergengsi, memiliki masa depan yang pasti. Kendati gajinya tak terlalu besar (juga tak terlalu kecil), tapi dapat diandalkan untuk menopang hidup sehari-hari. Lebih-lebih, ada ada gaji/uang pensiunan setiap bulannya yang bakal diterima kalau PNS yang bersangkutan sudah pensiun. Bekerja sebagai PNS dipandang tidak terlalu berat. Berbeda dengan di perusahaan swasta yang mengharuskan seseorang bekerja keras untuk mendapatkan keuntungan demi keajegan perusahaan.
Sebagian lain melihat bekerja sebagai PNS di pemerintahan adalah kesempatan untuk mengabdi kepada pemerintah dan masyarakat sekaligus melakukan upaya perbaikan dari dalam tubuh birokrasi demi pelayanan yang lebih baik. Apapun motivasi orang menjadi PNS, yang jelas kursi di birokrasi pemerintahan itu senantiasa jadi incaran.
Berikut ini ada diberikan empat tips untuk sedikit membantu melapangkan jalan menuju keberhasilan dalam persaingan merebut kursi PNS.
Pertama, pelajari jenis-jenis soal yang diperkirakan bakal keluar. Ada banyak buku yang dijual di pasaran untuk membantu mempersiapkan pengetahuan menyongsong pelaksanaan tes. Jenis-jenis tes biasanya meliputi Tes Kemampuan Umum (TKU), Psikotes, Tes Bakat Skolastik (TBS), Tes Potensi Akademik (TPA), dan Tes Bahasa Inggris (TOEFL). Juga, ada Tes Skala Kematangan, dan Tes Teknologi Informasi. Setiap instansi pemerintah menetapkan jenis tes yang tak selalu sama.
Kedua, persiapkan diri dengan sebaik-baiknya, baik secara mental maupun fisik. Artinya, menjelang tes berlangsung orang harus yakin bahwa kondisi tubuhnya sedang fit, mentalnya tidak sedang tertekan. Makanlah secukupnya menjelas tes. Nah, menjelang tes berlangsung, jika ingin buang air, lakukan sebelum tes karena ketika tes tengah dilaksanakan pihak Panitia kemungkinan tak mengijinkan peserta keluar ruangan.
Ketiga, berdoalah sebelum tes dimulai. Tarik nafas dalam-dalam sebanyak 3 kali, berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan, dan mulailah menjawab soal-soal tes dengan tenang. Ketegangan hanya akan membuat pikiran susah berkonsentrasi.
Keempat, jangan pernah berputus asa. Kalau kali ini tidak berhasil lolos dalam tes, cobalah lagi tahun depan. Coba pula di tempat atau lembaga lain yang sedang mencari pegawai baru. Sementara itu, jangan pernah berhenti belajar. Ikuti perkembangan seputar isu-isu terkini. Hal ini perlu untuk menopang pengetahuan umum yang merupakan salah satu bagian materi tes.
(Kalau sudah mengikuti tes berkali-kali, sampai 6 atau 10 kali misalnya, hingga merasa bosan dan terkena batasan usia tapi tidak juga berhasil, maka janganlah hal ini dipandang sebagai akhir kehidupan. Juga, bukan akhir dari segalanya. Masih ada pintu peluang di luar PNS yang menunggu dibuka. Menjadi PNS bukan satu-satunya pilihan karier, bukan?)
Semoga tips ini bermanfaat. Selamat mengikuti tes, semoga berhasil.
economist-suweca.blogspot.com

0 Response to "Tips Sukses Merebut Kursi PNS"

Posting Komentar